Jumat, 25 Oktober 2013

kenapa burung bisa terbang ?

     Kenapa burung bisa terbang ?
Karena pada bulu ekor dan bulu sayap berbeda, hal inilah yang menyebabkan burung bisa terbang. Bulu ekor mempunyai veksilum yang simetri, karena dipergunakan untuk kemudi, sedangkan bulu sayap tidak simetris. Veksilum yang sempit terletak diatas yang lebar, dan susunan demikianlah yang menyebabkan adanya perubahan tekanan udara, yang terdapat dibawah sayap.
Gambaran perubahan tekanan udara yang terjadi pada saat terbang dapat di gambarkan berikut ini :
a.       Sewaktu sayap diangakat keatas


Tekanan udara yang berada dibawah sayap berkurang dan oleh karena bagian veksilum yang lebar mendapat tekanan lebih besar dari pada yang kecil, menyebabkan bulu sayap berputar sedikit, sehingga udara dari atas dapat menerobos masuk kebawah sayap.

b.      Sewaktu sayap diturunkan kebawah

Jika sayap digerakan kebawah, udara yang berada dibawah sayap tidak dapat menerobos ke atas veksilum yang telah merapat pada yang kecil, oleh karenanya sayap sedikit mengembang keatas. Dengan bantuan bagian sayap ibu jari menyebabkan udara dibawah sayap tidak dapat mengalir keluar.
Tekanan udara dibwah sayap ini dapat diuraikan menjadi 2 komponen. Komponen vertikanl keatas dan horizontal kemuka. Komponen terakhir merupakan resultante dari kedua komponen tersebut yang mendorong burung maju keatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar